Kajian Subuh 2 Ramadhan 1444 H Oleh Al-Ustadz K.H. Hasan Abdullah Sahal

Bagikan

Ada namanya fadhilah bulan ramadhan, tetapi harus menjaganya agar fadhilah itu tidak hilang, karena tertutup dosa dan maksiat sehingga habis fadhilahnya. Tertutup ke-dzolim-an kepada Allah kepada diri sendiri dan dzolim kepada pihak lain termasuk dzolim kepada masa depan.

Zaman ini sudah memasuki zaman yang menyesakkan dan menyesatkan, oleh karena itu harus tahu “Jati diri”, lalu “Bina Diri”, agar punya “Harga Diri”. Jangan sampai tidak tahu jati diri, lalu menjadi lupa diri, lalu jual diri, karena tidak punya “Jati Diri”. Jangan sampai jati diri, nilai diri bisa dibeli , karena segala sesuatu yang bisa dibeli dengan uang itu “MURAH”

Saat ini sudah banyak terjadi bencana:

  1. Bencana Alam – kerusakan dimana-mana, banyak diantaranya karna ulah manusia
  2. Bencana Akhlak – ini salah satu bencana yang sangat mengkhawatirkan. Anak-anak generasi penerus mulai tergerus dengan rusaknya akhlak
  3. Bencana Ketidakpastian (ketidakmenentuan) – Kenapa ada “ketidakpastian” karena tidak ada pendidikan. Sehingga banyak orang baik disalahkan, orang salah di baik-baikkan. Na’udzubillahi min dzalik.

Shiyam (Shaum), masa-masa ini adalah masa-masa pendidikan diri. Makan itu penting tetapi puasa juga penting. Oleh karena itu jadilah orang yang “tahu kepentingan”. Apalagi jika itu kepentingan akhirat.