(0352) 311 292
Register Information Info Pendaftaran

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang secara spesifik tumbuh dan berkembang di Indonesia. Eksistensinya dalam pembinaan sumber daya manusia memiliki kontribusi yang sangat besar dalam membawa perjalanan bangsa sampai saat ini. Pesantren Putri al – Mawaddah dalam menyikapi perkembangan teknologi selalu mereposisi dirinya dalam memenuhi tuntutan zaman yang semakin komplek. Pesantren Putri Al – Mawaddah yang berlokasi di Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo menggunakan kurikulum terpadu yaitu kurikulum Pondok Modern Gontor dengan kurikulum MTs dan MA (Departemen Agama RI) sehingga santriwati Al – Mawaddah dapat mengikuti ujian negara. Dengan program tersebut diharapkan tamatan Pesantren Putri Al – Mawaddah dapat melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Pengembangan Pesantren Putri Al – Mawaddah dalam rangka optimalisasi pemberdayaan potensi diri santriwati menuju terbentuknya al – Mar’atus Sholihah yang MANDIRI. “KEMANDIRIAN” sebagai salah satu nilai dari Panca Jiwa (Keikhlasan, Kesederhanaan, Kemandirian, Ukhuwah Islamiyah, dan Kebebasan) yang menjiwai kehidupan santriwati harus diwujudkan dalam sistem dan kerangka pembelajaran formal yang bersentuhan langsung dengan potensi diri santriwati. Untuk itu kini telah dibuka program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan bidang dan program keahlian TATA BUSANA yang merupakan kerjasama antara SMKN 2 Ponorogo dengan Yayasan Al – Arham Pesantren Putri Al – Mawaddah sebagai akses bagi santriwati dalam bidang teknologi. Program tersebut dikonsentrasikan dalam bidang Ketrampilan Kemandirian Keputrian dan Teknologi Industri yang diharapkan dapat menambah nilai plus bagi alumni guna mempersiapkan dirinya untuk menuju dunia kerja maupun interaksi langsung dalam bermasyarakat.

VISI DAN MISI SMK AL – MAWADDAH :
VISI:
• Menjadi Lembaga Pendidikan Khusus Putri Terkemuka yang Mencetak Santriwati Alimah-Sholihah, Berbudi Tinggi, Berpengetahuan Luas, Terampil, Kreatif, dan Inovatif Berasas Nilai-nilai Keislaman.
MISI :
• Menumbuhkan kecintaan pada ajaran Islam dan mengamalkannya
penuh keyakinan, kesadaran serta tanggung jawab
• Menanamkan sikap keteladanan santriwati dalam bermasyarakat
• Melatih santriwati agar mampu mengkomunikasikan ide & pengetahuan keagamaan kepada berbagai kalangan di masyarakat
• Menyiapkan santriwati melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik dalam maupun luar negeri
• Membekali santriwati ketrampilan dan keahlian yang dapat dikembangkan secara profesional
• Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan di tengah persaingan

STATUS LEMBAGA
SMK Al – Mawaddah merupakan pengembangan dari Pesantren Putri Al – Mawaddah yang berada di bawah naungan Yayasan Al – Arham (Akte notaris No. 12/1989), yang dalam pengelolaannya bekerjasama dengan SMK Negeri 2 Ponorogo dengan Program Pendidikan dan Bidang Keahlian TATA BUSANA.
Pada tahun 2009, SMK Al – Mawaddah telah mendapatkan ijin operasional dari dinas pendidikan sesuai Keputusan Kepala Dinas Pendidikan No. 421.5/2360/405.08/2009 menjadi sekolah mandiri. Pada tahun 2012 SMK Al-Mawaddah telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-S/M).

D. KURIKULUM DAN KEUNGGULAN
Kurikulum yang diterapkan pada SMK Al – Mawaddah merupakan perpaduan antara Kurikulum Pesantren Putri Al – Mawaddah untuk bidang Agama dan Bahasa (Arab dan Inggris) dengan kurikulum SMK Edisi 2004 yang dirancang dengan menggunakan berbagai pendekatan sebagai berikut :
1. Pendekatan Akademik
2. Pendekatan Kecakapan Hidup (Life Skill)
3. Pendekatan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) 2006
4. Pendekatan Kurikulum Berbasis Luas dan Mendasar (Board-Based Curriculum)
5. Pendekatan Kurikulum Berbasis Produksi (Production-Based Curriculum)
Penerapan sistem asrama, dengan disiplin dan pembinaan etos kerja yang tinggi, berbekal Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, profesionalisme tenaga pengajar, serta sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, Insya’ Allah merupakan salah satu keunggulan SMK Al – Mawaddah.

SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
1. SMK Al – Mawaddah menerapkan sistem pendidikan pesantren khusus putri dengan masa pendidikan ditempuh selama 3 tahun.
2. Sistem pembelajaran disusun sesuai dengan sistem kurikulum yang diterapkan.
3. Para santriwati SMK mengikuti ujian negara dan tes keahlian sesuai dengan kurikulum KTSP SMK.
4. Lembaga menyediakan sarana Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan mengupayakan sertifikasi keahlian bidang Tata Busana dari Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Pendidikan dan Perdagangan.

PENINGKATAN KUALITAS GURU
1. Mengikuti Pelatihan KTSP di PUSDIKLAT PLN Pasuruan pada Bulan Januari 2007.
2. Mengikuti diklat Guru Bordir di Pondok Pesantren Poiton Probolinggo pada bulan April 2007.
3. Mengikuti seminar Nasional Menejemen Pendidikan bagi Pimpinan dan Guru Pondok Pesantren se-Indonesia pada tanggal 4 Juli 2007
4. Up Grading Guru Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Pesantren Putri Al – Mawaddah pada bulan Maret 2007
5. Up Grading II Upaya Peningkatan Kompetensi Sosial Guru di Pesantren Putri Al – Mawaddah pada bulan Mei 2007
6. Penataran KTSP semua mata pelajaran Program Dinas Pendidikan Kab. Ponorogo di SMK N 2 Ponorogo pada tanggal 27 Agustus s/d 7 September 2007
7. MGMP semua mata pelajaran di SMK N 2 Ponorogo pada tanggal 14 Desember 2007
8. Pelatihan Instruktur Debate Bahasa Inggris di SMK N 2 Ponorogo pada tanggal 19 s/d Nopember 2007
9. Pelatihan KTSP di Hotel Gajahmada Graha Jl. Cipto No. 17 Malang pada tanggal 8 s/d 9 Nopember 2008.
10. Up Grading KTSP di Pesantren Putri Al – Mawaddah pada bulan Pebruari 2009
11. Diklat Quantum Learning di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo yang dilaksanakan selama satu minggu pada bulan Januari 2009.
12. Mengikuti Seminar Nasional dengan tema “Membangun EIASQ (Emotional, Intellegence, Adversity, and Spiritual Quotient) yang Smart dan Robust. Di Graha Wtoe Dakon STAIN Ponorogo tanggal 19 Desember 2009
13. Diklat pembuatan bahan ajar e-learning di SMKN I Jenangan Ponorogo
14. Workshop Guru cerdas untuk siswa yang cerdas di Gedung pertemuan PP. Al-Mawaddah tahun 2012
15. Diklat guru produktif bidang keahlian tata busana oleh P4TK Sawangan Bogor di SMKN 1 Ponorogo tahun 2012
16. MGMP Guru matematika,bahasa Indonesia, bahasa Inggris di SMKN 1 Ponorogo tahun 2012

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
1. Mendatangkan guru tamu untuk pembelajaran menjahit jas selama 3 bulan yang dilaksanakan pada bulan Januari 2013 s/d Maret 2013 di Bengkel Tata Busana SMK Al – Mawaddah.
2. Pelaksanaan Kursus Bordir bagi santriwati SMK Al – Mawaddah khususnya kelas XI (tingkat 2) yang dilaksanakan di Bengkel Bordir SMK Al – Mawaddah yang bertempat di lantai 2 gedung konveksi Al – Mawaddah.
3. Pelaksanaan Kursus Sablon bagi santriwati SMK Al-Mawaddah khususnya kelas X (tingkat 1) yang dilaksanakan di Bengkel Sablon SMK Al-Mawaddah yang bertempat di komplek gedung konveksi Al-Mawaddah.

PERLOMBAAN YANG PERNAH DIIKUTI
1. Mengikuti Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Tingkat Propinsi di Jember pada bulan September 2008.
2. Mengikuti lomba Jawara SMK tingkat Kabupaten pada tahun 2011.
3. Mengikuti lomba Jawara SMK tingkat Propinsi pada tahun 2011.
4. Mewakili Pesantern Putri Al – Mawaddah dalam kegiatan POSPEDA tingkat kabupaten pada Tahun 2012.
5. Mewakili Pesantern Putri Al – Mawaddah dalam kegiatan POSPEDA tingkat propinsi pada Tahun 2012.

PRESTASI YANG PERNAH DIPEROLEH
1. Juara pertama lomba Jawara SMK tingkat Kabupaten pada tahun 2011
2. Juara ketiga lomba Jawara SMK tingkat Propinsi pada tahun 2011
3. Juara pertama lomba POSPEDA tingkat kabupaten pada tahun 2012
4. Juara pertama lomba POSPEDA tingkat Propinsi pada tahun 2012

JUMLAH GURU & JUMLAH SANTRIWATI
Jumlah ustad/ustadzah SMK Al – Mawaddah adalah 2 orang dari SMK Negeri 2 Ponorogo, 1 orang PNS DPK, dan 32 orang dari Pesantren Putri Al – Mawaddah. Sementara itu jumlah santriwati SMK Al – Mawaddah saat ini adalah kelas I berjumlah 25 anak , kelas II berjumlah 12 Anak, dan kelas III berjumlah 9 anak.

FASILITAS & SARANA PEMBELAJARAN
Yayasan Al – Arham menyediakan asrama dan sarana pembelajaran yang representatif untuk santriwati SMK. Selain itu juga fasilitas praktek yang memadai seperti Laboratorium/2 Bengkel Busana, Laboratorium Bahasa, IPA/Biologi, dan Komputer, serta sarana kegiatan ekstrakurikuler.

TUJUAN DAN HARAPAN BAGI LULUSAN SMK AL – MAWADDAH
– Program – program SMK Al – Mawaddah dikonsentrasikan dalam Bidang dan Program Keahlian Tata Busana diharapkan menjadikan nilai tambah bagi alumni Pesantren Putri Al – Mawaddah.
– Mencetak santriwati dan alumni yang mandiri, berbekal keahlian yang cukup dalam bidang dan program Tata Busana.
– Mencetak santriwati dan alumni yang berpotensi, siap bekerja dan membuka lapangan kerja baru sesuai dengan bekal bidang keahlian yang dimiliki.
– Mencetak santriwati dan alumni yang siap berkompetensi dalam berbagai lapangan kehidupan.

HASIL YANG TELAH DICAPAI
Sejak dibukanya Program pendidikan SMK di Pesantren Putri Al – Mawaddah, alhamdulillah telah meluluskan 6 angkatan, dimana untuk angkatan yang pertama sejumlah 16 santriwati, angkatan kedua sejumlah 19 santriwati, dan angkatan ketiga sejumlah 15 santriwati, angkatan keempat sejumlah 10 santriwati, angkatan kelima sejumlah 15 santriwati dan terakhir tahun 2012 adalah sejumlah 10 santriwati. Diakhir pembelajaran tiap – tiap angkatan diadakan Ujian Praktek kejuruan (UPK) dengan menggelar Peragaan Busana Muslimah hasil karya santriwati.
Sampai saat ini untuk santriwati kelas II juga telah menyelesaikan Prakerin (Praktek Kerja Industri) selama 3 bulan yang dibimbing langsung oleh instruktur Profesional dan berpengalaman.
Seiring dengan berkembangnya SMK Al – Mawaddah saat ini telah dibuka KONVEKSI untuk melayani orderan seragam baik dari dalam maupun luar pesantren. Saat ini KONVEKSI SMK Al – Mawaddah telah menyelesaikan seragam kaos OSWAH, seragam kaos LT dan KMD, seragam kaos SDIT dan TK Al – Mawaddah selama 4 tahun terakhir serta masih banyak lagi seragam santriwati.

PENERIMAAN SANTRIWATI BARU
1. Kelas khusus, yaitu para santriwatinya berasal dari alumni MTs Al – Mawaddah dan kelas I intensif. Untuk kelas ini menggunakan Kurikulum Gontor Plus Kurikulum Departemen Pendidikan sehingga alumninya akan mendapatkan Ijazah Pondok dan Ijazah Negara.
2. Kelas Reguler, yaitu para santriwatinya direkrut dari alumni SMP/MTs dengan menempuh pendidikan selama 3 tahun dan akan menerima Ijazah Negara dari SMK Al-Mawaddah.

One thought on “SMK

Tinggalkan Balasan