Ujian Lisan Melatih Ketrampilan Komunikasi para Santriwati

 

Ujian untuk Belajar – Ustadz KH.Ustuchori,MA

            Ponorogo,16 -19 November 2020. Alhamdulillah,atas izin Allah SWT ujian syafahi di Pesantren Putri Al-Mawaddah berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Diawali dengan upacara pembukaan, ujian syafahi di Pesantren Putri Al-Mawaddah berjalan dengan khidmat  dalam suasana ujian di tengah pandemi.

            Dalam sambutannya, Direktur MBI menyampaikan pesan-pesannya dalam menghadapi ujian. Beliau berpesan agar para santriwati tetap menjaga kesehatan selama masa ujian berlangsung, tidak meninggalkan kewajiban utama seorang santriwati dengan belajar sungguh-sungguh disertai dengan doa dan tawakkal kepada-Nya dan juga beliau mengatakan bahwa adanya ujian untuk belajar bukan untuk ditakuti . Jangan makan yang tajam-tajam, jangan puas dengan kebodohanmu, ujar beliau dalam sambutanya.

            Santriwati Al-Mawaddah sangat bersemangat menghadapi ujian syafahi. Mulai dari mempersiapkan diri menghadapi ujian, menghafalkan satu demi satu kosa kata bahasa Arab, mengulangi pelajaran yang sudah diajarkan, hingga mempersiapkan senyuman terbaik ketika tidak dapat menjawab pertanyaan, hihihi.

            Persiapan dilakukan dengan belajar pagi dan malam secara rutin. Para santriwati menyebar di setiap sudut-sudut pesantren putri Al-Mawaddah. Seperti ; di depan Masjid, di Pendopo, di sekitar gedung Kartini, di depan Kantor Administrasi, dan Gedung Khodijah Lt.II. Tidak hanya itu, para Asaatidz dan Ustaadzat turut mendampingi para santriwati selama jam waktu belajar. Hal ini menjadikan suasana Pesantren Putri Al-Mawaddah lebih bernuansa.

            Dengan diadakannya ujian syafahi, dapat melatih kemampuan ketrampilan komunikasi para santriwati, kesiapan menghadapi ujian secara mental, dan juga pemanasan sebelum memasuki ujian tulis yang cukup memakan waktu yang lama.

            Kita berharap, semoga keluarga besar Pesantren Putri Al-Mawaddah selalu dalam lindungan-Nya. Sehingga, seluruh agenda kegiatan ujian dapat berjalan sesuai dengan rencana. Aamiin.

 

           

           

 

Direktur MBI Menyampaikan Pesan- Pesannya dalam Upacara Pembukaan Ujian Lisan.
Pelaksanaan Ujian Lisan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin tahu seputar Pendaftaran?

Silahkan klik!