KAJIAN TARAWIH

Bagikan

Kajian Isya’
Oleh : Ustadz. Chabib, M. Pd. I
Tema : Keutamaan Sholat Tahajjud

Menurut bahasa shalat artinya adalah berdoa, sedangkan menurut istilah shalat adalah suatu perbuatan serta perkataan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratkan yang ada. Macam-macam sholat : Sholat fardhu, sholat rowatib, sholat dhuha, sholat hajat, sholat tahajud. Sebaik-baik sholat yang dikerjakan oleh seorang hamba adalah sholat malam (Sholat Tahajjud).

Santri itu beradab dan berilmu itu biasa, yang luar biasa adalah yang tidak berilmu dan tidak beradab.
Puasa Senin Kamis itu untuk santri sudah hal biasa, yang tidak biasa adala yang tidak pernah pernah melakukan nya. Karena kita adalah seorang santri yang mengikuti tuntunan agama. Dan bagun di sepertiga malam juga sudah menjadi kebiasaan santri. Maka dari itu Alloh SWT akan mengangkat darjat bagi mereka yang bangun untuk menunaikan shalat tahajjud. Seperti yang dijelaskan dalam ayat berikut ini :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (Al-Isro’ : 79)

Dan pada sebagian malam, yaitu pada sepertiga malam yang terakhir, bangunlah dan lakukanlah salat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagi mu mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji di mana engkau diberikan syafaat yang agung kelak di hari kiamat.

Dan mari kita memohon petunjuk dan hidayah kepada Alloh SWT agar kita selalu berada di jalan yang lurus dan bersama orang-orang yang diberi petunjuk oleh Alloh SWT.

اهدنا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ۝صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ۝

Bimbinglah kami ke jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat) (Al-Fatihah :6-7)

Kita latihan bagaimana menikmati ibadah sebagai bentuk rasa syukur kita atas apa yang telah Alloh SWT berikan kepada kita.
Aamiin ya rabbal’alamiin.