PERKEMAHAN DAN PENJELAJAHAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA

Bagikan

Salam Pramuka! Kegiatan rutin bagi golongan penegak kelas 4 dan 3 Pintas untuk meraih tingkat Pramuka Penegak Bantara telah mencapai puncaknya. Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak Januari 2024 dan puncaknya ialah pada 29 Februari-1 Maret 2024 melalui kegiatan perkemahan dan penjelajahan Pramuka Bantara.

Perkemahan dilaksanakan di lapangan hijau Pesantren Putri Al-Mawaddah. Pada kegiatan ini terdapat acara unggun gembira, pentas seni, pengumuman peserta penegak terbaik dalam berbagai kategori, dan juga renungan malam. Meskipun hujan sempat mengguyur area bumi perkemahan, hal itu tidak sedikitpun menyurutkan semangat andika penegak dalam mengikuti kegiatan.

Adapun penjelajahan dilaksanakan pada 1 Maret 2024 dengan tujuan jelajah menuju Monumen Sudirman di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo. Andika melewati rute yang sudah ditentukan oleh Koordinator Gerakan Pramuka, serta harus berhenti pada pos-pos yang sudah ditentukan. Pada masing-masing pos, andika diminta untuk menuntaskan tantangan. Misalnya menyanyikan yel-yel, susur sungai, membuat peta pita, juga menebak sandi semaphore. Andika nampak antusias dan bersemangat meskipun harus menempuh perjalanan jauh.

Di lokasi akhir jelajah, andika golongan pramuka penegak dilantik menjadi pramuka penegak bantara. Sesi pelantikan dipimpin oleh Kak Siti Ing’anah Islani. Upacara pelantikan pun diiringi dengan hujan rintik-rintik yang membuat suasana lebih syahdu. Selain itu, melalui kegiatan ini andika juga mendapatkan peluang untuk belajar sejarah dari kisah Sudirman.

Selamat kepada 127 andika yang telah dilantik. Semangat menebarkan nilai-nilai pramuka!

Untuk Sahabat Tilma, boleh ceritakan momen terkenang selama menjalani masa-masa pramuka bantara?