SELAMAT TAHUN BARU 1442 HIJRIYAH

Al-Mawaddah-(20/8/2020) Alhamdulillahirobil’alamin, dalam menyambut tahun baru Islam 1442 H keluarga besar Pesantren Putri Al-Mawaddah dalam keadaan sehat wal’afiat, di tengah pandemi covid 19 yang belum berakhir. Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1442 H Pesantern Putri Al-Mawaddah mengadakan kuliah umum yang dilaksanakan di Masjid Al-Marzuqoh. Kuliah umum ini dibawakan oleh Ustadz Kurnia Rahman Abadi, yang dihadiri oleh segenap pimpinan Pesantren Putri Al-Mawaddah,Ustadzaah,dan seluruh Santriwati Al-Mawaddah.

Ustadz Kurnia Rahman Abadi dalam ceramahnya menyampaikan sejarah tahun baru Islam. Awal tahun baru Islam yang bertepatan dengan 1 Muharram, ditandai dengan hijrahnya nabi Muhammad SAW menuju Madinah. Penetepan tahun baru Islam terjadi pada masa pemerintahan kholifah Umar bin Khattab sekitar 637/638 M. Selain itu, beliau juga menyampaikan perubahan-perubahan yang terjadi setelah hijrahnya nabi Muhammad SAW menuju Madinah. Adapun perubahan yang dimaksud adalah :

  1. Sebelum hijrah Kaum Quraisy di Mekkah menindas Islam dan setelah hijrah ke Madinah kaum Islam menjadi lebih kuat.
  2. Sebelum hijrah dakwah penyebaran Islam dilakukan secara sembunyi-sembunyi, tapi setelah hijrah ke Madinah dakwah penyebaran Islam menjadi lebih meluas dan terorganisir.
  3. Dulu,sebelum hijrah Islam hanya berbentuk kelompok kecil tapi setelah hijrah Islam menjadi kelompok besar yang mendunia.
  4. Ayat-ayat Al-Qur’an yang turun di Mekkah berisikan aqidah dan tauhid (habluminaallah) sedangkan ayat-ayat Qur’an yang turun di Madinah berisi peraturan kehidupan yang lebih kompleks (habluminannas).

Di akhir pidatonya beliau juga menyampaikan bahwa menjadi santriwati adalah suatu bentuk hijrah. Pada hakikatnya hijrah itu terdiri dari dua hal yaitu hijrah makaniyah dan hijrah ma’nawiyah. Santriwati Al-Mawaddah saat ini telah melakukan hijrah makaniyiah karena rela meniggalkan rumah demi menuntut ilmu di Pesantren Putri Al-Mawaddah. Dan hijrah ma’nawiyah yang sesuai dengan motto Pesantren Putri Al-Mawaddah anggun secara moral,berwibawa secara intelektual,tangguh di era global guna menuju ridho ilahi.

Segenap Keluarga Besar Pesantren Putri Al-Mawaddah mngucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1442 H.red

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin tahu seputar Pendaftaran?

Silahkan klik!